Manfaat Sambel Bagi Kesehatan

Apakah anda penggemar sambal pedas ?
Jika iya, berbanggalah Anda karena sambal tidak hanya menambah cita rasa pada saat Anda menyantap makanan kesukaan, namun dilain sisi sambal memberikan manfaat bagi kesehatan. 
Namun bagi anda yang kurang suka atau malah membenci sambal, ada baiknya anda membaca artikel berikut ini. Memakan sambal tentunya dengan porsi yang sewajarnya saja, tidak berlebihan.
6 Manfaat Sambal Bagi Kesehatan :
1. Sebagai Anti Kanker
Sel kanker

Apakah Anda seorang pengidap penyakit kanker ?
Atau Anda ingin menjaga diri anda dan keluarga anda dari penyakit kanker ?
Jika demikian, mulai saat ini anda dapat memasukan sambal pedas sebagai menu harian keluarga anda.
Di dalam cabai terdapata zat yang bernama capsaicin, zat ini berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan kanker. Jadi jika anda dan keluarga anda ingin terhindar dari penyakit kanker, tidak ada salahnya untuk rajin mengkonsumsi sambal pedas. Namun ingat, tetap konsumsi sambal pedas dalam kadar yang normal, karena terlalu banyak mengkonsumsi sambal pedas juga dapat merusak usus dan menyebabkan sakit perut.
2. Memperbaiki Fungsi Pencernaan
Ilustrasi Pencernaan Manusia

Apakah Anda memiliki gangguan pencernaan ?
Jika demikian makanlah sambal atau cabai dengan porsi yang normal. Cabai diketahui mampu meningkatkan sirkulasi darah di perut, dan berperan aktif dalam percepatan proses pembusukan makanan. Dengan begitu pencernaan kita tidak akan terhambat lagi.
3. Menyehatkan Jantung

Kebanyakan sumber masalah penyakit jantung adalah disebabkan adanya pembekuan darah. Nah, agar jantung anda tetap sehat, sambal dan cabe adalah alternatif yang tepat. Karena di dalam cabai mengandung capsaicin yang bertugas memperlancar proses peredaran darah dan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Oleh karena itu, anda bisa menjadikan sambal sebagai menu harian bagi anda dan keluarga.
4. Menghilangkan Flu dan Hidung Tersumbat

Jika Anda mengalami flu dan hidung tersumbat. Anda tidak perlu membiasakan untuk mengkonsumsi obat-obatan kimia, karena mengkonsumsi obat-obat semacam ini akan berbahaya jika dikonsumsi secara terus-menerus. Cukup bagi anda mengkonsumsi sambal pedas dengan kadar yang tidak berlebih, maka hal ini bisa membantu meringankan gejala flu atau hidung tersumbat yang sedang anda alami.
5. Meredakan Nyeri Dan Pegal - Pegal Pada Badan

Apakah anda sering mengalami pegal-pegal dan nyeri setelah berolah raga atau bahkan anda mudah lelah ketika duduk dalam rentan waktu yang lama ?
Jika iya, anda bisa mengkonsumsi sambal pedas sebagai terapi. Sebagaimana yang telah disebutkan diatas,  di dalam cabai mengandung endorfin dan serotonin yang berfungsi mengurangi ketegangan syaraf dan otot yang terdapat di dalam tubuh, sehingga kedua zat ini mampu berperan aktif meredakan pegal-pegal yang anda rasakan.
6. Mencegah Stroke

Kandungan capsiacin yang terdapat di dalam cabai terbukti ampuh mencegah terjadinya pembekuan darah, dan tetap menjaga darah untuk tetap encer. Dengan fungsinya yang demikian, maka sambal dan cabai berfungsi mencegah terjadinya penyumbatan dan terbentuknya kerak lemak di pembuluh darah, yang mana hal ini merupakan penyebab utama timbulnya penyakit stroke.

Komentar

  1. wah ternyata selama ini sambal memiliki manfaat yang cukup banyak ya, penting juga

    BalasHapus

Posting Komentar