Sambal

Sambal adalah saus atau pasta biasanya terbuat dari campuran berbagai macam cabai dengan bahan-bahan sekunder seperti kecap, teri, bawang putih, jahe, bawang merah, bawang daun, gula aren , air jeruk nipis  terasi dan cuka beras atau jenis cuka lainnya. Pada awalnya sambal ini disajikan secara tradisional. Sambal tradisional ini dibuat dengan menggunakan alat tradisional, seperti alu batu dan mortir . Sambal bisa disajikan mentah atau dimasak. Biasanya cabai, bawang putih, bawang merah dan tomat sering digiling menggunakan mortar, sedangkan terasi atau belacan (terasi) digoreng atau dibakar terlebih dahulu untuk membunuh aromanya yang menyengat sekaligus untuk mengeluarkan aromanya.  Setelah sambal selesai dimasak maka sambal akan dihidangkan beberapa saat sebelum dikonsumsi.


Sambal Rumahan


Sambal biasanya digunakan sebagai pelengkap makanan. Karena rasa yang ditimbulkan tidak lain adalah rasa pedas atau sensasi pedanya. Namun bagi mereka yang menambahkan banyak campuran pada sambal, pengurangan rasa pedas itu sendiri. Sebagian orang menambah sambal hanya untuk menambah rasa ketika hidangan yang akan mereka santap tidak terlalu memiliki rasa yang dominan.

Sambal sangat terkenal di Indonesia. Permintaan akan sambal dan peminat sambal ini semakin meraja - rela, pada  umumnya banyak sekali masyarakat pencinta sambal. Hampir semua kalangan menyukai sambal, kecuali kalangan balita dan anak - anak ya guys. Maka dari itu Sambal disiapkan dalam jumlah besar, karena dapat dengan mudah disimpan dalam botol kaca yang tertutup rapat di lemari es selama seminggu untuk disajikan dengan makanan sebagai bumbu. 


Sambal Kemasan

Saat ini sambal sudah disiapkan dalam bentuk kemasan, instan, atau siap pakai tersedia di warung , supermarket dan toserba. Sehingga sangat praktis dibawa oleh seorang pecinta sambal kemana - mana. Namun dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat serkarang juga tersedia secara online. Jadi orang - orang tidak perlu repot untuk keluar rumah, untuk membeli sambal kecintaan mereka. Sebagian besar botol sambal tersedia dengan bahan dasar kaca, dan plastik atau aluminium Dibandingkan dengan sambal tradisional, sambal instan botolan sering memiliki tekstur yang lebih halus, kandungan yang lebih homogen, dan konsistensi yang lebih tebal, seperti saus tomat , karena proses manufaktur yang digerakkan oleh mesin. Lahan sambal yang dibuat secara tradisional di alu dan lumpang biasanya memiliki tekstur dan konsistensi yang kasar.


Untuk tahu apa itu sambal nantang yuk kepoin dan kontak kami di :




Komentar

Posting Komentar